Beda Hacker dengan Kracker

Sunday, January 2, 2011
Saya banyak mendengar dikalangan remaja saat ini sering sekali menyebutkan hacker sebagai perusak, padahal pernyataan mereka salah. Hanya sebagian kecil orang yang tahu tentang makna hacker. Ketika saya bertanya tentang kracker, banyak sekali orang yang tidak tahu. Itulah realitanya di masayarakat kita bahwa apa yang sering di ucapkan masyarakat bahkan menyebabkan perubahan arti dari suatu kata.



Untuk mengenal lebih dalam perbedaan antara hacker dan kraker, marilah kita baca tulisan dibawah.


Hacker
Hacker adalah mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat di jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital). Mereka mengkhusukan diri di bidang game dan komputer.


Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Mereka adalah hackker tapi bukan perusak. Contohnya yaitu game Harvestmon Back to Nature ps1 bahasa Inggris di ubah menjadi bahasa Indonesia. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker berkerja untuk menambah ilmu dan kepuasaan mereka. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "kracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para kracker mengobrak - abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka.


Tingkatan Hacker

  • Elite : Mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada.
  • Semi Elit : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.
  • Developed Kiddie : Umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
  • Script Kiddie  : Seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.
  • Lamer : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ?wanna-be? hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.


Kracker
Nah kalo yang ini baru bersifat merusak. Mereka yang masuk ke sistem orang lain, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan kracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.


Kracker tidak memiliki tingkatan khusu karena sifatnya merusak 


Jadi jelas kan ?. Ternyata Kraker lah yang bersifat merusak dan bukan hacker.
Moga2 menambah ilmu pengetahuan kita semua 
Thanks atas kunjungannya

Artikel Terkait

0 comments:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment

Please give your comment's below this post